Powered by Blogger.

[Skincare Review] Nature Republic 92% Aloe Vera Soothing Gel

by - October 26, 2018


Hello there! Kali ini, saya mau me-review gel aloe vera yang sempat hits di kalangan skincare enthusiast. Saya sendiri baru tertarik dengan produk ini sekitar pertengahan tahun 2018, so... yeah, it’s a little bit late I guess. Tapi nggak papa deh, better late than never, right? Hahaha.

Mungkin kalian sudah banyak yang tahu kalo produk ini adalah produk aloe vera yang paling banyak dicari-cari di antara produk aloe vera lainnya. Gel ini juga salah satu produk andalan Nature Republic, brand skincare asal Korea Selatan. Kalau saya baca-baca di beberapa artikel, sih, katanya produk ini hits banget karena multifungsi dan harganya juga terjangkau. Banyak yang menggunakan gel ini untuk melembapkan wajah dan tubuh, menutrisi rambut, mengompres mata lelah, dan lain-lain.

Kuy, langsung aja kepoin review saya!

Harga dan Beli di Mana
Untuk harganya sendiri, setahu saya di offline store Nature Republic di Indonesia harganya sekitar Rp98.000 untuk satu jar sebanyak 300 ml. Di online shop sendiri harganya bermacam-macam, mulai dari Rp60.000 sampai Rp110.000. Saya sendiri sih waktu itu beli di Tokopedia seharga Rp60.000—itu juga setelah baca-baca testimoni dan review dari pembeli di toko online yang menjual produk ini, jadi saya berani beli dan ternyata memang worth it, apalagi produknya juga original.

Kemasan dan Isi

Kemasan aloe vera gel ini sangat simpel: berbentuk jar besar berwarna hijau muda, dan terbuat dari plastik yang cukup sturdy atau kokoh. Di bagian tutup jar tentu saja ada label Nature Republic, dan di bagian bawahnya tertempel daftar ingredients dari gel ini. Kalau tutupnya dibuka, ada lid pelindung lagi di dalamnya. Jadi nggak gampang tumpah-tumpah deh isinya.

Sebenarnya, selain dalam bentuk jar, Nature Republic juga mengeluarkan varian yang dikemas dalam bentuk botol atau tube dengan volume yang kurang lebih sama (CMIIW). Hanya saja waktu itu saya lebih memilih beli yang kemasan jar karena... nggak tahu deh, mungkin emang karena udah terbiasa lihat yang kemasan jar kali ya.

Isinya juga cukup banyak, yaitu 300 ml. Jadi menurut saya, dengan harga dan volume segitu, it’s really worth it. Saya sudah pakai produknya sekitar dua bulanan dan masih ada banyak banget sisa gelnya, hehe.

Oiya, ngomong-ngomong soal bahannya, selain mengandung 92% lidah buaya sebagai bahan utamanya, produk ini juga mengandung alkohol yang lumayan tinggi. Jadi buat kalian yang sensitif dengan alkohol, mungkin bisa mencoba produk aloe vera gel lainnya yang mengandung kadar alkohol lebih sedikit.

Gelnya sendiri tidak berwarna, alias transparan. Baunya juga segar khas lidah buaya, hanya saja karena memang mengandung alkohol yang tinggi, kadang-kadang aromanya agak menusuk hidung saya, hehe. Tapi buat saya masih bisa ditolerir kok. Gampangnya sih, jangan oleskan terlalu tebal di area sekitar hidung.

Tekstur gelnya menurut saya lumayan ringan dan gampang dibaurkan. Karena teksturnya light, gel ini cepat meleleh dan meresap di kulit. Malahan, kalau udara lagi panas banget, gelnya agak susah dicolek karena sudah meleleh duluan di jari :’)

Penggunaan
Nah, sekarang for the fun part: cara pakainya gimana, sih?

Sebenarnya kalau kalian googling, pasti udah banyak banget yang menuliskan cara-cara pakai aloe vera gel ini. Buat bagian ini, saya mau share beberapa cara pakai yang sudah saya coba:

Pelembab wajah
Ini sih cara pakai yang paling basic kalau menurut saya. Gampang aja dipakainya, tinggal colek gelnya pakai jari atau kuas, lalu baurkan ke seluruh wajah tipis-tipis. Jangan lupa, sebelumnya pastikan wajah sudah bersih, ya. Tinggal tunggu kering, deh :D

Sleeping mask
Kalau yang ini, caranya hampir sama dengan yang di atas. Tinggal oleskan gelnya ke seluruh wajah pakai jari atau kuas (bisa tipis atau tebal, tergantung kalian nyamannya gimana), terus tinggal tidur. Kalau pengalaman saya, waktu bangun pagi rasanya muka saya jadi nggak seberminyak biasanya~

Dipakai di ujung rambut
Waktu googling tentang manfaat aloe vera gel ini, banyak yang bilang kalau gel ini bisa dipakai untuk melembutkan rambut yang rusak. Dan karena rambut saya bisa dibilang dalam kondisi yang kurang baik, jadi saya coba saja pakaikan di ujung rambut. Pakainya tipis-tipis saja, lalu tinggal dibawa tidur. Kalau cara ini sih, saya nggak begitu memperhatikan perubahan di rambut saya. Tapi tetap worth a try kok kalau mau dicoba. Dicobanya yang rutin ya, jangan kayak saya :(

Kompres mata
Cara ini sebenarnya bikin saya agak skeptis waktu pertama kali baca. Takutnya sih, mata saya bakal perih banget kalau langsung kena gel ini since the alcohol is quite strong. Ternyata setelah saya coba sendiri, malah baik-baik aja, hehe. Jadi, cara pakainya menurut saya (dan berdasarkan hasil baca-baca artikel) adalah: potong kapas jadi dua bagian yang sama besar, kemudian oleskan gelnya tipis-tipis di satu sisi kapas, kemudian tempelkan pada mata. Olesnya sih tipis-tipis saja, soalnya kalau terlalu tebal takutnya malah bikin mata perih. Saya sendiri kadang-kadang pakai cara ini kalau mata lagi capek banget, dan seringnya malah sampai kebawa tidur, ehehehe.

DIY sheet mask

Gara-gara baca tentang DIY sheet mask di Female Daily dan baca tentang Chizu Saeki method hasil kepo di Google, saya jadi penasaran pengen mencobanya pakai aloe vera gel ini. Cara pakainya versi saya begini, nih: pertama, bagi kapas menjadi dua bagian tipis (bukan dipotong ya). Banyaknya kapas tergantung kebutuhan masing-masing. Kemudian, campur air mineral dengan aloe vera gel dengan perbandingan 3:1 di wadah seperti mangkuk kecil. Misalnya, saya mencampurkan 3 sendok air mineral dengan 1 sendok aloe vera gel. Setelah itu, aduk sampai tercampur rata dan basahi kapas dengan campuran gel tersebut. Biasanya sih saya diamkan dulu di kulkas selama beberapa menit agar ada sensasi dinginnya nanti. Setelah itu, tempelkan kapas di bagian wajah yang diinginkan, diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian lepas. Instant cooling and soothing effect is what you’ll get!

Sebenarnya sih masih banyak banget cara pakai aloe vera gel ini, misalnya dijadikan campuran face mist, campuran foundation, campuran lip tint, dan lain-lain. Hanya saja, untuk cara-cara yang lain itu, saya juga belum mencobanya. Jadi, silakan browsing sendiri ya!

Final Thought
Setelah mencoba Nature Republic Aloe Vera Gel ini selama kurang lebih 2 bulan, saya jadi paham kenapa banyak banget skincare enthusiast yang menjadikan produk ini sebagai holy grail mereka. Harganya yang terjangkau, isinya yang banyak, dan produknya yang multifungsi dan menyegarkan memang bikin semua orang langsung jatuh cinta—termasuk saya. Hanya saja, mungkin salah satu poin minusnya adalah kandungan alkoholnya yang tinggi. Hal itu buat saya sih nggak masalah, toh banyak aloe vera gel merek lainnya yang sama bagusnya dan kandungan alkoholnya lebih rendah. Tinggal sesuaikan aja dengan kebutuhan kamu :D

(+)
Harga terjangkau
Isi banyak (thus, awet sampai berbulan-bulan!)
Tekstur ringan dan cepat meresap
Multifungsi

(-)
Kandungan alkohol yang tinggi

Rating: 4.5/5

You May Also Like

0 comments