Powered by Blogger.

[Skincare Review] Haple Face Oil & Rose Water

by - February 07, 2019


Hello there!

Kali ini, saya mau me-review produk skincare dari Haple, merek skincare lokal yang dikenal karena value-nya yang ramah lingkungan, bahannya yang natural, dan cruelty-free. Saya sendiri dikenalkan dengan produk face oil dari merek ini oleh salah satu teman saya waktu KKN pertengahan tahun 2018 lalu. Waktu itu, saya yang belum "melek" skincare cuma mikir, "Oh, ini yang namanya face oil... hmm, apa muka nggak tambah berminyak dan berjerawat ya kalo dipakein ini?"

Setelah KKN, saya jadi tertarik skincare dan rajin nonton video-videonya Liah Yoo dan menemukan salah satu videonya tentang face oil. Dan pertanyaan saya terjawab: nggak kok, face oil nggak akan bikin wajah tambah berminyak. In fact, kalau kita menggunakan jenis face oil yang tepat dan sesuai dengan jenis dan permasalahan kulit kita, face oil ini bisa membantu merawat kulit dan mencegah masalah kulit seperti jerawat, tekstur, warna kulit, kelembapan, banyak deh pokoknya.

Kok bisa? Hmm, mudahnya begini. Kulit kita sebenarnya sudah memproduksi minyak alami, yang biasanya disebut sebum. Nah, kalau kadar sebum dalam kulit kita terlalu sedikit (salah satunya karena pemakaian skincare yang berlebihan sampai "menguras" sebum), tubuh kita bakal merespon dengan mengeluarkan lebih banyak sebum untuk menyeimbangkan kadar sebum dalam kulit. Dan akibatnya, sebum yang terlalu banyak ini bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan blackheads, whiteheads, jerawat, you name it. Di sini, face oil berperan sebagai "pengganti" sebum alami yang bisa membantu menyeimbangkan kadar sebum dalam kulit. Jadi, kulit kita bakal berpikir kalau kadar minyak dalam kulit kita sudah cukup. Kalau kadar minyak dalam kulit baik dan kelembapannya terjaga, kulit kita jadi lebih terawat dan terhindar dari resiko masalah-masalah kulit di atas tadi. Kalau mau tahu lebih lengkapnya, I recommend you to watch Liah Yoo's videos!

Anyway, balik lagi ke produk face oil dari Haple. Mereka sejauh ini sudah mengeluarkan empat varian face oil: grapeseed, almond, avocado, dan rice bran oil. Semua oil-nya diproses secara cold-pressed dan diklaim 100% chemical free. Masing-masing oil punya keunggulannya sendiri-sendiri, misalnya grapeseed oil yang diklaim bisa membantu mencegah jerawat, almond oil untuk anti-aging, avocado oil untuk melembapkan dan menghaluskan kulit, dan rice bran oil untuk mencerahkan serta memperbaiki tekstur kulit. Selain itu, face oil ini bisa dipakai untuk serum rambut (tapi saya belum pernah coba), base makeup, merawat bekas luka, dan pengganti pelembap. Selain face oil, Haple juga punya produk seperti rose water, clay mask, dan micellar water. Semuanya diklaim alami dan cocok untuk semua jenis kulit.

Produknya bisa dibeli di akun Instagram mereka, @haple.id. Mereka juga punya akun Tokopedia dan Shopee. Selain menjual face oil satuan, mereka juga menjualnya dalam bentuk bundle dengan rose water sesuai dengan jenis dan permasalahan kulit. Saya sendiri, karena punya jenis kulit berminyak dan berjerawat, memutuskan untuk mencoba paket kulit berminyak dan berjerawatnya yang terdiri dari grapeseed oil, almond oil, dan rose water. Waktu itu, saya beli di Shopee seharga Rp. 145.000. Kalau mau beli satuan, grapeseed oil harganya Rp. 49.000, almond oil Rp 59.000, dan rose water Rp. 39.000 (per Januari 2019).

Pengirimannya menurut saya standar kok, cepat sampai. Ketika sampai, produknya dikemas dalam kotak kardus kecil dan tiap oil-nya dikemas lagi dalam kotak kardus yang diberi tempelan stiker untuk membedakan jenis oil-nya, dan di dalam kotaknya ada kertas yang mencantumkan kegunaan dan cara pemakaian masing-masing oil. Seperti yang bisa dilihat di fotonya, face oil ini dikemas dalam botol kaca gelap seukuran 30 ml, dan di dalamnya pun ada pipetnya. Saya mau bahas produknya satu-persatu dulu, ya!


Yang pertama, grapeseed oil. Menurut keterangan dari Haple, grapeseed oil ini banyak banget fungsinya, antara lain untuk merawat kulit berjerawat, mencegah jerawat, mengecilkan pori-pori, membantu mengatasi breakout, mengontrol minyak di kulit, dan lain-lain. Oiya, grapeseed oil ini kaya akan linoleic acid, salah satu jenis fatty acid atau asam lemak yang bisa membantu menjaga barrier kulit kita supaya lebih lembap dan menjaga kulit kita dari masalah jerawat. Grapeseed oil termasuk dalam dry oil, yang artinya minyak ini mudah meresap dalam kulit, lebih "ringan", dan tidak se-greasy jenis minyak seperti olive oil. Karena sifatnya yang mudah meresap dan tidak berat di kulit, jadi jenis minyak ini relatif lebih aman digunakan di kulit wajah.

Minyak ini tidak berbau, hanya bau minyak biasa yang nggak terlalu mengganggu. Warna minyaknya bening, tapi ada hint kehijauan. Seperti jenisnya yang dry oil, minyak ini teksurnya cukup cair dan mudah diratakan di kulit, serta mudah meresap dan nggak lengket.


Yang kedua, ada almond oil. Dari keterangannya, almond oil ini berguna sebagai anti-aging, untuk memudarkan bekas jerawat, mencerahkan kulit, menyembuhkan peradangan, dan lain-lain. Berbeda dengan grapeseed oil yang dominan dengan kandungan linoleic acid, almond oil ini lebih banyak mengandung oleic acid, yang biasanya lebih cocok untuk kulit kering karena lebih rich, jadi lebih melembapkan. Pemilik kulit berminyak harus hati-hati juga menggunakan minyak jenis ini karena sifatnya yang lebih "berat", jadi berpotensi menyumbat pori-pori wajah.

Sama seperti grapeseed oil, minyak ini hanya berbau minyak seperti biasa, tanpa ada wangi yang mengganggu. Warnanya bening, dan kalau dibandingkan dengan grapeseed oil, warna minyak ini cenderung kuning seperti minyak pada umumnya. Rasanya di kulit memang sedikit lebih "berat" dan greasy dibandingkan grapeseed oil, tapi nggak begitu masalah kok.


Yang terakhir, rose water alias air mawar! Air mawar ini sepertinya memang "pemain lama" di dunia skincare, ya. Dijadikan face mist, campuran masker, toner, semuanya oke-oke saja. Saya sendiri waktu kecil dulu suka pakai air mawar untuk campuran masker bubuk. Wanginya itu lho, khas banget. Hal yang sama juga saya rasakan waktu pertama kali mencoba air mawar Haple ini, wangi mawarnya kuat banget.

Saya sebenarnya beli rose water ini biar sekalian sepaket dengan face oil-nya, ditambah saran dari Haple sendiri yang bilang kalau pemakaian face oil sebaiknya didahului dengan face mist. Tujuannya, supaya kulit kita siap menerima skin care lain, terutama face oil-nya.

Nah, sekarang gimana cara pakainya dan seperti efeknya di kulit?

Saya sudah menggunakan face oil ini selama kurang lebih 4 minggu. Pemakaiannya setelah toner, jadi urutannya: first cleanser - second cleanser - acid toner - hydrating toner - rose water - face oil. Saya mencampur grapeseed oil dan almond oil dengan perbandingan 1:1. Misalnya, waktu pagi saya pakai masing-masing 2 tetes, dan malam hari masing-masing 3 tetes. Setelah memakai rose water, face oil-nya diteteskan di tangan, saya menggosok tangan untuk "menghangatkan" face oil, jadi suhunya kurang lebih sama dengan suhu tubuh supaya lebih gampang terserap. Setelah itu, baru deh ditepuk-tepukkan ke wajah. Ditepuk atau di-tap ya, jangan diusap. Tinggal tunggu terserap, setelah itu baru saya lanjutkan dengan moisturizer. Saya biasanya ganti-ganti antara Nivea Soft atau Nature Republic Aloe Vera Gel. Atau, kalau pagi hari, saya lanjutkan dengan sunscreen. 

Sebenarnya, kalau boleh jujur, selama tiga-empat minggu pemakaian saya belum merasakan perubahan yang signifikan untuk masalah jerawat dan bekasnya. Mungkin memang butuh waktu lagi, ya. Tapi face oil dan air mawarnya nggak menyebabkan jerawat juga kok, which is a good thing. Yang saya rasakan sejauh ini adalah, kulit saya rasanya jadi lebih lembut, bouncy, dan sedikit glowing. Satu lagi, tapi saya nggak tahu ini memang beneran efeknya atau hanya sugesti: bekas jerawat saya yang agak dalam kelihatan sedikit lebih rata (emphasize on "sedikit"; saya juga masih nggak yakin hahaha). Lumayan membantu meratakan tekstur kulit, tentunya juga dibarengi dengan pemakaian skincare lain.

Overall, menurut saya face oil dan air mawar dari Haple ini layak dicoba. Sudah produk lokal, harganya terjangkau banget pula. Jarang-jarang kan, ada produk face oil dengan harga terjangkau dan kualitas yang bagus? Again, sesuaikan dengan kondisi kulitmu masing-masing, ya.

Final score: 4.5 out of 5

See you next time, guys!

Love,
K

You May Also Like

1 comments