Powered by Blogger.

[Fragrance Review] Fres Hijab Refresh Desert Queen

by - April 27, 2021


Beberapa tahun belakangan ini, saya memperhatikan kalau kualitas parfum drugstore atau parfum yang biasa dijual di supermarket/minimarket makin bervariasi aja. Harga parfum supermarket memang murah meriah, tapi bukan berarti kualitasnya murahan—justru nggak kaleng-kaleng!

Nah, berhubung kemarin saya barusan membahas parfum The Body Shop yang mungkin terasa overpriced buat sebagian kalangan (sekali lagi, mahal murah itu relatif ya), kali ini saya mau me-review salah satu parfum supermarket yang menurut saya worth to buy banget gara-gara harganya yang kelewat murah, tapi aromanya nggak murahan, yaitu Fres and Natural, tepatnya varian Hijab Refresh Desert Queen.

Btw, pas banget ya, momen Ramadan gini nge-review parfum berlabel hijab, hehe. Oke, lanjut!

“Pertemuan” saya dengan parfum ini benar-benar nggak disengaja: parfum kesayangan saya sedang habis dan saya iseng melihat-lihat rak parfum waktu sedang belanja bulanan di supermarket. Pikir saya, siapa tahu ada parfum supermarket yang cocok. Singkat cerita, saya ketemu parfum ini dengan harga yang sangat murah (aslinya 11 ribuan, tapi karena sedang ada promo, harganya jadi sekitar 8 ribu saja!), dan wanginya oke juga. Jadi saya bawa pulang, deh. 

Sampai hari ini, saya sudah menggunakan parfum tersebut selama kurang lebih 1 tahun. Nggak habis-habis, soalnya saya jarang sekali keluar rumah (dan saya hanya pakai parfum kalau mau pergi) dan pakainya selang-seling dengan parfum yang lain. 

Setelah pemakaian selama itu, gimana kesan saya terhadap Fres Desert Queen? 


Parfum ini dikemas dalam botol spray berukuran 100 ml. Botolnya ramping dan terbuat dari plastik, jadi menurut saya lumayan menghemat tempat dalam tas atau pouch dan enak dibawa-bawa. Tutupnya yang terbuat dari plastik juga lumayan kokoh. Saya suka dengan desain botolnya yang kelihatan lurus dan pas di genggaman tanpa takut rusak atau pecah kalau-kalau botolnya jatuh. 

Untuk varian Desert Queen, desain botolnya kelihatan simpel tapi mewah, warna hitam dengan gambar semacam bunga berwarna pink dan merah dengan aksen gold di pencetan spray-nya. Semprotannya juga halus, menyebar. Benar-benar kelihatan regal deh. Sesuai dengan namanya, Desert Queen. Desert, bukan dessert. Beda, lho. 

Oiya, parfum ini termasuk dalam jenis spray cologne. Jadi, bisa dikira-kira lah ya ketahanannya seperti apa: nggak sekuat eau de toilette, apalagi eau de parfum. Berdasarkan pengalaman saya memakai parfum ini, hanya dalam waktu sejam-dua jam saja wanginya sudah mulai samar—dalam artian parfum ini baru terasa wanginya kalau benar-benar diendus. Sepengalaman saya, baunya sedikit lebih awet kalau disemprotkan di baju. 

Parfum ini punya klaim anti-odor yang katanya bisa membantu menghindari bau apek. Kalau nggak salah, semua varian Hijab Refresh punya klaim seperti ini. Saya nggak begitu memperhatikan klaim ini sih, jadi saya nggak bisa menyimpulkan apakah parfum ini benar-benar mencegah bau apek di pakaian dan kerudung saya. Seperti yang saya singgung di atas, wangi parfumnya masih sedikit menempel di baju saya, bahkan setelah beberapa hari. 

Dari tadi ngomongin wangi-wangi terus, tapi karakteristik wangi parfum ini sendiri kayak gimana, sih?

Well, karena ini termasuk parfum lokal (eh, iya nggak sih?) dan parfum supermarket, jadi saya agak kesulitan mencari dan mengidentifikasi profil wangi yang ada di parfum ini, soalnya parfum yang biasanya ada di supermarket kan jarang banget dijabarkan profil wewangiannya. Di Fragrantica jelas nggak ada, haha. 

Kalau saya sendiri sih menangkap kesan wangi yang maskulin banget dari parfum ini. Menurut saya ada rasa warm yang cocok buat pemakaian malam hari, tapi ada kesan fresh juga. Jadi, wanginya nggak terlalu heavy dan masih cocok buat pemakaian di siang hari. Waktu saya baca beberapa review di Female Daily, ada yang bilang kalau parfum ini wanginya woody dan musky, tipe wangi yang memang biasanya ada di parfum-parfum cowok.

Berdasarkan pemakaian saya, waktu pertama kali disemprot wanginya memang lumayan strong alias menusuk hidung. Tapi, setelah beberapa saat, wanginya bakal jadi lembut dan enak. Seperti yang saya sebutkan di atas, wanginya tetap tercium di baju saya walaupun agak samar-samar setelah beberapa jam. Mungkin karena wanginya yang tergolong strong kali, ya. 


Gimana kesimpulan saya dengan Fres and Natural Desert Queen? 

Kalau kalian suka dengan wangi parfum yang maskulin dan cowok banget, kemungkinan besar bakal suka banget dengan parfum ini! Udah murah, kemasannya cantik, wanginya enak dan nggak murahan pula. Soal ketahanannya menurut saya bukan masalah, soalnya tinggal semprot lagi aja kalau wanginya udah mulai hilang (plus, karena harganya murah, rasanya nggak eman-eman aja kalau nyemprotnya barbar). 

Oiya, walaupun namanya Hijab Refresh, tapi kalian yang nggak berhijab boleh-boleh aja kok pakai parfum ini. It’s just a label, after all. Nggak ada ruginya kok, soalnya worth the price banget!

See you next time!

Love, K

You May Also Like

0 comments