Powered by Blogger.

[Fragrance Review] The Body Shop English Dawn Gardenia Fragrance Mist

by - February 25, 2021


Buat kebanyakan orang, termasuk saya, perkara memilih wewangian yang pas menjadi PR tersendiri. Seperti produk beauty lainnya, kita perlu cocok-cocokan dengan wewangian yang kita pakai. Kalau buat saya sendiri, journey menemukan wewangian yang cocok agak tricky, sih. Kadang waktu dicoba di toko baunya enak, tapi begitu udah dibeli dan dipakai di rumah, ternyata wanginya terlalu mencolok dan bikin pusing. Kadang udah nemu yang enak dan cocok, tapi tiba-tiba harganya naik dan jadi nggak ramah di kantong saya, haha (I'm looking at you, The Body Shop White Musk!).

Kalau ditanya seperti apa wangi parfum favorit saya, hmm... saya sendiri suka jenis wewangian yang segar, clean, dan musky. Saya kurang suka wangi yang manis seperti wangi buah (jujur, wangi buah itu sebenarnya enak, tapi ada beberapa parfum wangi buah yang jatuhnya terlalu manis untuk selera saya) dan wangi gourmand alias makanan seperti wangi vanila dan cokelat. Well, you get the idea.

Nah, wangi yang segar dan clean seperti apa yang saya suka? Lagi-lagi, ini subjektif banget. Waktu saya mengingat-ingat parfum apa saja yang pernah saya pakai dan suka, kebanyakan punya notes white flower alias bunga putih. Menurut saya, wangi white flowers itu segar dan nggak terlalu manis, walaupun buat beberapa orang wanginya bisa agak terlalu menyengat. Salah satu parfum favorit saya yang punya notes ini adalah The Body Shop English Dawn Gardenia.


The Body Shop udah jadi merek langganan saya kalau perkara wewangian. Selain produk-produknya yang terasa klasik dan punya kemasan yang cantik, variasi produk wewangiannya juara banget. Kalau lagi mampir ke mal, saya suka main ke toko The Body Shop hanya untuk mencoba produk wewangiannya, haha. Salah satu all-time favourite saya, selain English Dawn Gardenia, adalah lini White Musk-nya yang klasik banget (kapan-kapan saya ulas, ya!). Saya aja pertama kali nemu English Dawn Gardenia waktu pertengahan kuliah gara-gara harga White Musk naik dan saya pengen nyari penggantinya. Sampai sekarang, saya sudah menghabiskan lebih dari 5 botol!

English Dawn Gardenia sendiri merupakan bagian dari lini Voyage The Body Shop. Di lini produk ini ada varian Atlas Mountain Rose, Indian Night Jasmine, Japanese Cherry Blossom, Fijian Water Lotus, dan Japanese Cherry Blossom Strawberry Kiss. Ada juga sih varian lain seperti Italian Summer Fig dan Polynesian Island Tiare, tapi kayaknya udah discontinued. Seri Voyage ini, seperti namanya, mengambil inspirasi wewangian dari bunga-bunga yang ada di seluruh dunia. Notes-nya pun nggak jauh-jauh dari wangi bunga yang segar dan manis. Tinggal pilih aja varian mana yang cocok dengan wangi kesukaanmu.

Seperti rata-rata produk wewangian The Body Shop, English Dawn Gardenia punya versi eau de toilette dan body mist. Saya sendiri pakai versi body mist-nya karena, well, harganya lebih terjangkau dan isinya lebih banyak. Walaupun daya tahannya di bawah versi EDT-nya, buat saya nggak masalah kok.

Dikemas dalam botol kaca spray berukuran 100 ml, parfum ini punya desain botol yang sederhana dengan motif bunga-bunga di sekeliling botolnya. Menurut saya, desainnya cantik dan simpel. Apalagi seri Voyage punya desain yang berbeda-beda tergantung variannya, yang menambah daya tarik produknya sendiri.


Mengutip situs Fragrantica, English Dawn Gardenia punya notes gardenia, tuberose, bergamot, dan sandalwood. Jadi, parfum ini punya karakteristik wangi yang green, floral, dan citrusy, dengan sedikit hint woody dari sandalwood. Menurut saya, wangi parfum ini agak mengingatkan saya pada wangi bunga melati. Wanginya segar dan sedikit manis, tapi bukan jenis manis yang warm seperti vanila atau cokelat. 

Karena ini jenisnya body mist, jadi ketahanannya tentu saja nggak seawet EDT atau EDP. Sepengalaman saya, kurang dari 3-4 jam saja wanginya sudah memudar. Tapi kadang, kalau saya wudhu dan membasuh pergelangan tangan, wanginya suka keluar lagi (saya biasa pakai parfum di pergelangan tangan). Untuk masalah ketahanan, menurut saya so-so lah ya. It suits any occasion, baik penggunaan sehari-hari atau acara khusus.

In short, menurut saya English Dawn Gardenia cocok buat kalian yang suka wangi white floral. Wanginya yang segar dan ringan bisa banget dipakai sehari-hari. Meskipun begitu, saya tetap menyarankan untuk mencoba dulu sebelum memutuskan untuk membeli, karena then again, parfum itu perkara cocok-cocokan, hehe.

Oiya, parfum ini dibanderol dengan harga Rp179.000 waktu saya membelinya. Info terakhir yang saya dapat waktu mengecek harga parfum ini di web dan Tokopedia TBS, harganya sudah naik jadi Rp209.000. Harga parfum ini umumnya berada di atas seri buah/gourmand (strawberry, satsuma, shea, vanilla, dll) dan di bawah seri White Musk. 

Tapi… walaupun saya udah cocok banget sama parfum ini, saya sempat baca kalau parfum ini katanya mau discontinued dan udah kosong di web dan Tokopedia TBS, which makes me so sad because it’s my go-to mist :( semoga nggak jadi discontinued, ya. Atau kalau TBS mau ngeluarin produk yang wanginya mirip, I’ll be very grateful!

Love,
K

You May Also Like

0 comments